Makalah Sejarah Perkembangan IT Di Bidang Telekomunikasi
KATA PENGANTAR
Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang
Maha Esa sebagai makhluk sosial, makhluk yang suka atau tidak suka pasti
berinteraksi dengan manusia yang lain manusia dalam melakukan interaksi dengan
manusia lain menggunakan komunikasi. Dimanapun kita berada pasti kita
berkomunikasi baik itu di rumah, sekolah, di kantor dan di mana pun manusia itu
berada.
Komunikasi adalah salah satu
aktivitas yang sangat fundamentalis dalam kehidupan umat manusia. Kebutuhan
manusia untuk berhubungan dengan sesamanya diakui oleh hampir semua agama telah
ada sejak tuhan menciptakan adam dan hawa di muka bumi ini.
Kapan manusia mulai mampu
berkomunikasi dengan manusia lainnya tidak ada data autentik yang dapat
menerangkan tentang hal itu. Hanya saja diperkirakan bahwa kemampuan manusia
untuk berkomunikasi dengan orang lain secara lisan adalah suatu peristiwa yang
berlangsung dengan sendirinya.
Ucapan terima kasih yang tak
terhingga kepada Allah yang Maha Esa atas semua karunia yang telah diberikannya
kepada kita. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang
telah memberikan bimbingan dan gambaran kepada kami.
Bandung,18
Oktober 2013
Penyusun
Ahmad Zaky Almubarok
DAFTAR ISI
Kata pengantar........................................................................................................... i
Daftar Isi.................................................................................................................... ii
BAB I Pendahuluan................................................................................................ 1
A.
Latar belakang........................................................................................... 1
B.
Tujuan........................................................................................................ 1
C.
Manfaat..................................................................................................... 1
BAB II Pembahasan................................................................................................. 2
A.Sejarah
Perkembangan Teknolgi Informasi DiBidang Telekomunikasi.... 2
1.1.
Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik...................... 3
1.2.Komputer
Generasi Pertama........................................................ 5
1.3.Komputer
Generasi Kedua.......................................................... 7
1.4.Komputer
Generasi Ketiga.......................................................... 8
1.5.Komputer
Generasi Keempat....................................................... 9
1.6.Komputer
Generasi Kelima.......................................................... 11
B.Sejarah
Singkat Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi..... 13
C.Perkembangan
dan Implikasi Ti dan Ti Dalam Pendidikan di Indonesia.. 20
BAB III Kesimpulan................................................................................................
23
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Makalah ini sengaja ditulis dengan
gaya bahasa sehari-hari yang sangat mudah dipahami dan dimengerti. Makalah ini
disusun berdasarkan bab-bab, sehingga pembaca dapat dimudahkan untuk mencari
pokok persoalan yang telah dibaca.
Dalam penyusunan makalah ini tidak
ada maksud apa-apa kecuali hanya mengajak para pembaca untuk memahami
“Perkembangan Teknologi Informasi Di Bidang Telekomunikasi” dan penyusunan
makalah ini untuk memenuhi tugas Pendidikan Teknik Informatika tahun ajaran
2013/2014. semoga kita dapat memahami perkembangan teknolgi informasi
komunikasi
B. Tujuan
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah:
1. Untuk
memenuhi tugas PTI tahun pelajaran 2013/2014.
2. Untuk
mengajak pembaca agar mengetahui dan memahami perkembangan
teknologi
informasi dibidang telekominikasi.
3. Untuk mengajak
pembaca agar dapat memahami perbedaan teknologi
komunikasi
sekarang dengan zaman dahulu.
C. Manfaat
Adapun manfaat yang kita peroleh dari membaca makalah
ini sebagai berikut :
1. Menambah pengetahuaan tentang perkembangan teknologi.
2. menambah wawasan tentang perkembangan teknologi komunikasi.
3. Dapat mengetahui seluruh informasi dari berbagai media komunikasi.
4. Memudahkan pembaca dalam mencari informasi.
1. Menambah pengetahuaan tentang perkembangan teknologi.
2. menambah wawasan tentang perkembangan teknologi komunikasi.
3. Dapat mengetahui seluruh informasi dari berbagai media komunikasi.
4. Memudahkan pembaca dalam mencari informasi.
BAB II
PEMBAHASAN
Sejarah computer sudah dimulai sejak zaman dahulu
kala. Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia.
Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia
dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih
cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari
penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun
elektronik
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Sejarah Komputer menurut periodenya adalah:
* Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
* Komputer Generasi Pertama
* Komputer Generasi Kedua
* Komputer Generasi Ketiga
* Komputer Generasi Keempat
* Komputer Generasi Kelima
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Sejarah Komputer menurut periodenya adalah:
* Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
* Komputer Generasi Pertama
* Komputer Generasi Kedua
* Komputer Generasi Ketiga
* Komputer Generasi Keempat
* Komputer Generasi Kelima
1.1. Alat hitung tradisional dan kalkulator mekanika
yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di
Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat
dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.Alat ini memungkinkan penggunanya
untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada
sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung
transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di
Eropa, abacus kehilangan popularitasnya
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Dengan kemampuannya, arithometer
banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan
Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya
dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871).
Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan
matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama
berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana
dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga
menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha
Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika
ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial.
Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap,
mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta
mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah
bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang
disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki
peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari
pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical
Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini
memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga
membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen
Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA
sebagai penghormatan kepadanya.
Pada masa berikutnya, beberapa
insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush (18901974) membuat sebuah
kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin
tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini
dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat
karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer
elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini
didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner
aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan
sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam
sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat
komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena
kehilangan sumber pendanaan.
1.2. Komputer Generasi Pertama
Von Neumann mendesain Electronic
Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah
memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan
komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya
kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral
(CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui
satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang
dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang
memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus
Amerika Serikat dan General Electric
memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah
keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam
pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama
dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik
untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang
berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini
menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri
lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat
komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk
penyimpanan data.
Ciri-ciri komputer generasi pertama adalah:
1.
Program dibuat dalam bahasa mesin,
2.
Menggunakan konsep storage
Program,
3.
Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara,
4.
Ukuran fisiknya besar sehingga membutuhkan daya listrik yang besar,
serta
5.
Dapat disimpan pada magnetic
tape dan magnetig disk.
Contohnya,
komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953 merupakan komputer komersial berukuran
besar, sedangkan IBM 705 yang dibuat tahun 1959 digunakan dalam industri.
1.3. Komputer Genarasi Kedua
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan
komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di
pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket,
memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada
masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada
tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi
kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam
komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas
kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang
pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak
faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung
daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu.
Bahasa pemrograman Common
Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum
digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan
kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh
manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.
Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem
komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada
masa komputer generasi kedua ini.
Ciri-ciri komputer generasi kedua antara lain:
1.
Kapasitas
memori utama cukup besar,
2.
Komponen yang
digunakan adalah transistor yang jauh lebih kecil dibandingkan tabung hampa udara,
3. Menggunakan magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable
disk,
4.
Mempunyai
kemampuan proses real-time dan time sharing,
5.
Proses
operasinya lebih cepat,
6.
Orientasinya
pada aplikasi bisnis dan teknik.
Contohnya,
komputer PDP-5 dan PDP-8 yang dibuat tahun 1963 merupakan komputer mini
komersial yang pertama. Selain itu, terdapat komputer IBM 7070, IBM 1400, NCR
300, dan sebagainya.
1.4. Komputer Genarasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal
mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,
yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa
(quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas
Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di
tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan
silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil
memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang
disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga antara lain:
1.
Komponen yang
dipakai adalah IV (Integrated Circuits) yang terdiri atas ratusan atau ribuan
transistor berbentu hybrid integrated circuits dan monolithic
integrated circuits,
2. Proses operasinya jauh lebih cepat dan lebih tepat, kapasitas memori
komputer jauh lebih besar,
3.
Ukuran fisik
jauh lebih kecil sehingga penggunaan listrik lebih hemat,
4.
Menggunakan magnetic
disk yang sifatnya random access,
5.
Dapat melakukan
multiprocessing dan multiProgramming,
6.
Alat input-output
mengalami pengembangan dengan menggunakan visual display terminal, serta
7.
Dapat melakukan
komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya.
8.
Contohnya, komputer IBM S/30. NOVA,
CDC 3000, PDP-11, dan lain sebagainya.
1.5.
Komputer Genarasi Keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan
menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen
elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam
sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat
ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI)
meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak
komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong
turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja,
efisiensi dan kehandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971
membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah
komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam
sebuah chip yangsangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu
tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi
dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah
tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel
injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian
memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak
lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.
Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit
komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.
Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti
lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling
populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal
1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer
rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981, IBM
memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah,
kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di
tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta
PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,
dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang
dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple
Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal
karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih
menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan
penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal
perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium
II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD
k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru
untuk menggali potensi terus dikembangkan.
Seiring dengan bertambah kuatnya
suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara
bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak,
informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal
untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.
Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN),
atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Sejak tahun
1970, dunia komputer mengalami dua perkembangan penting, yaitu:
·
Penggunaan LSI
(Large Scale Integration) yang disebut juga sebagai Bipolar Large
Scale Integration, serta
·
Menggunakan
mikroprosesor dan semi konductor yang berbentu chip untuk memori
komputer
·
Contohnya, komputer IBM 370 menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang
dikembangkan pertama kali pada tahun 1971 oleh perusahaan Intel Corporation
dengan menggunakan chip mikroprocessor. Personal computer (PC)
mulai berkembang sejak tahun 1977, misalnya komputer Apple II dan komputer dekstop
oleh Xerox Corporation. Pada tahun 1981, komputer mulai banyak menggunakan
sistem Window dan mouse.
1.6. Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi
kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh
imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel
karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh
fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan
buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri.
Walaupun
mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang
dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara
lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa
asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan.
Namun fasilitas tersebut menjadi
jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian
manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar
menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang disain
komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.
Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang
akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan
sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.
Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik
tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal
dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT
(Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya.
Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa
informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan
membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi
mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
Komputer generasi kelima kini sedang dalam pengembangan. Komponen yang
dipakai adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Saat ini sedang
dikembangkan oleh Josephson Function yang diramalkan dapat menggantikan
keberadaan chip. Negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi
kelima ini adalah Jepang. Kemungkinan pengembangan komputer lainnya ialah
kemampuan komputer memecahkan masalah sendiri dengan bantuan AI (Artificial
Intellegence). Hal ini dapat diterapkan untuk mengoperasikan robot.
B. SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
1. masa
Perasejarah
a. Masa (….s/d 3000 SM)
Pada awalnya teknologi informasi
yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk
pengenalan bentuk-bentuk yang meraka kenal. Mereka menggambarkan informasi yang
mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya.
Pada masa ini mereka mulai melakukan
pengidentifikasian benda-benda yang ada dilingkungan mereka tinggal dan
mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua
tempa.t mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar
pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi
mereka pada masa ini.
Perkembangan selanjutnya adalah
diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat,
seperti kendang ,terompet yang terbuat dari tanduk binatang, atau isyarat asap
sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
b. Masa Sejarah(3000 SM s/d 1400 –an
M)
Pada masa tersebut teknologi
informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kalian kenal sekarang ini,
teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan terbatas saja, digunakan pada
saat-saat khusus dan biaya yang dikeluarkan banyak.
c. Masa 3000 SM
Untuk pertama kali tulisan digunakan
oleh bangsa Sumeria dengan symbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai
huruf.
Simbol atau huruf-huruf ini juga
mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata ,
kalimat dan bahasa.
d. Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an
M)
1) 2900 SM
Pengunaan huruf hierogliph pada
bangsa Mesir kuno. Hierogliph merupakan bahasa symbol dimana setiap ungkapan
diwakili oleh symbol yang berbeda.Ketika digabungkan menjadi satu akan
mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa
heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria
2) 500 SM
Serat papyrus digunakan sebagai
kertas. Kertas terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai
Nil ini menjadi media menulis atau media informasi yang lebih kuat dan
fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan
sebagai menia informasi.
3) 105 M
Bangsa Cina menemukan kertas.Kertas
yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kalian kenal
sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci,
kemudian diratakan dan di keringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem
pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan
dilumuri oleh tinta atau yang kalian kenal sekarang dengan sistem cap.
2. Masa Modern (1400-an M s/d sekarang)
1.
Tahun 1455
Mesin cetak yang menggunakan plat
huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat
dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg
1.
Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis program
komputer yang pertama di dunia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan
mesin Analytical-nya. Alat tersebut didesain mampu memasukkan data, mengola
data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal
sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih
bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital
pertama ENIAC 1 dibentuk .
1.
Tahun 1837
Samuel Morse mengembangkan telegraf
dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone.
Yang dikirim secara elektronik
antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat
tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima
pada saat yang hampir bersamaan waktunya penemuan ini memungkinkan informasi
dapat diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh
jarak dan waktu.
1.
Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyeksikan
ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang
pada zaman dulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap.
1.
Tahun 1876
Pada masa ini ditandai dengan tokoh
Melvyl Dewey yang mengembangkan sistem penulisan desimal.
1.
Tahun 1877
1) Alexander Graham Bell
menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali secara umum.
2) Fotografi dengan
kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge.
1.
Tahun 1899
Dipergunakan system penyimpanan
dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih
bersifat analog belum digital seperti masa sekarang.
1.
Tahun 1923
Pada masa ini ditandai dengan
Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
1.
Tahun 1940
Dimulainya pengembangan ilmu
pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang digunakan
untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang
disimpan dalam bentuk magnetic tape.
1.
Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan sistem
pengkodean menggunakan hypertext.Pada masa ini penggunaan hypertext sudah
berkembang seiring dengan perkembangan desain web site yang saat ini
berkembang.
1.
Tahun 1946
Pada masa kurun waktu ini teknologi
komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu
banyak pemakai tetapi teknologi computer sudah digunakan instansi-instansi
tertentu.
1.
Tahun 1948
Para peneliti di Bell Telephone
mengembangkan transistor.
1.
Tahun 1957
1)
Jean Hoerni mengembangkan transistor planar.Teknologi ini memungkinkan
Pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping
kecil kristal silicon.
2)
USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan
pertama yang bertugas sebagai mata-mata.Sebagai balasannya Amerika membentuk
Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen
Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi
dalam bidang militer.
1.
Tahun 1972
Pada masa ini Ray Tomlinson
menciptakan program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak
jauh menggunakan teks.E-mail dapat dikatakan sebagai surat elektronik.
1.
Tahun
1973-1990
Istilah internet diperkenalkan dalam
sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol
jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup
dari DARPA
.Pada tahun 1981 National Science
Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps
untuk setiap institusi dalam pemerintahan.Kemudian pada tahun 1986 IETF
mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi
diantaranya:DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.
1.
Tahun
1991-Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT
pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya
memungut bayaran dari para anggotanya.Pada tahun 1992 pembentukan komunitas
internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.Pada
tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet
menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa
registrasi (oleh Network Solution Inc),dan jasa informasi (oleh General
Atomics/CERFne
Pada tahun 1994 pertumbuhan internet
melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan
manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.Tahun 1995,
perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di
Backbone.Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya
internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang
lebih canggih.
Teknologi Siaran Sejak PELITA I
teknologi berupa siaran radio dan televisi telah diprogramkan. Memang sarana
dan prasarana pada waktu itu belum ada atau belum memadai, namun dengan
perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung dari satelit dan
pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya seluruh pelosok
tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang
kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan jaringan televisi
siaran lokal.
Satelit Komunikasi Sejak tahun 1976,
Indonesia telah memasuki era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA
I. Sistem satelit komunikasi ini merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia,
karena keadaan dan letak geografisnya. Dasar pertimbangan pengembangan sistem
ini adalah untuk keperluan pendidikan, penerangan, hiburan, pemerintahan,
bisnis, pertahanan keamanan, dan perindustrian. Komputer Perkembangan perangkat
keras komputer berlangsung sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin
besar, kecepatan operasinya juga semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu
microprocessor komputer mampu mengakses memori dengan kecepatan perjutaan
detik, maka saat ini kecepatannya sudah dihitung dengan permiiliar (nano)
detik. Komputer meja atau personal computer saat ini sudah tidak dipandang
sebagai barang mewah lagi, melainkan sebagai suatu kebutuhan yang esensial
untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh dikatakan tidak ada satu kantorpun yang
tidak memiliki dan mengoperasikan komputer.
Teknologi Video (Perekam Video)
Perkembangan dalam teknolofi video sejalan dengan perkembangan komunikasi dan
komputer, meskipun orientasi utamanya adalah untuk keperluan hiburan.
PERKEMBANGAN TI DAN TK MENURUT RAMALAN PARA AHLI Dari dulu sejak sebelum
maraknya penggunaan TI dan TK dalam kehidupan dan dalam bidang pendidikan pada
khususnya, para ahli telah mengungkapkan ramalannya tentang penggunaan TI dan
TK ini. Berikut ini kita bahas beberapa ramalan para ahli tersebut.
“Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari
pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka”
(Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek
“Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun
70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy),” yang secara
ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan.
Bishop G. (1989) meramalkan bahwa
pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat
diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia,
maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R. (1994) berpendapat bahwa
pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang
memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya gedung sekolah. Tony Bates
(1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan
bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti
yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Alisjahbana I. (1966)
mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan nantinya akan bersifat
“Saat itu juga (Just on Time). Teknik pengajaran baru akan bersifat dua arah,
kolaboratif, dan inter-disipliner. Romiszowski & Mason (1996) memprediksi
penggunaan “Computer-based Multimedia Communication (CMC).
Dari ramalan dan pandangan para
cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan masuknya pengaruh
globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua
arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat
itu juga” dan kompetitif.
C.
PERKEMBANGAN DAN IMPLIKASI TI DAN TI
DALAM
PENDIDIKAN DI INDONESIA
Kecenderungan perkembangan dan
implikasi dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
1. Berkembangnya pendidikan terbuka
dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
2. Sharing resource bersama antar
lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan.
3. Penggunaan perangkat teknologi
informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara
bertahap menggantikan TV dan Video.
DISTANCE LEARNING Dengan adanya
perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini
sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media
internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai
mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan
berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat
dilakukan. Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap
masalah adalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya.
Namun demikian, dengan media internet
sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara dosen dan siswa baik dalam
bentuk real time (waktu nyata) atau tidak.
Dalam bentuk real time dapat dilakukan
misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real
video, dan online meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing
list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas
interaksi dosen dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak
100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga
diimplementasikan ke dalam web, seperti materi dosen dibuat dalam bentuk
presentasi di web dan dapat di download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian
dan kuis yang dibuat oleh dosen dapat pula dilakukan dengan cara yang sama.
Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses
registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online.
Suatu pendidikan jarak jauh berbasis
web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut:
1. Pusat kegiatan siswa; sebagai
suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan sarana ini
sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan,
membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya.
2. Interaksi dalam grup; Para
mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi
yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan
sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.
3. Sistem administrasi mahasiswa;
dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai status mahasiswa,
prestasi mahasiswa dan sebagainya.
4. Pendalaman materi dan ujian;
Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk
pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa
belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web based distance learning.
5. Perpustakaan digital; Pada bagian
ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak terbatas pada buku tapi
juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan sebagainya. Bagian ini
bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database.
6. Materi online diluar materi
kuliah; Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan dari web
lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung terlibat
untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada mahasiswa lainnya
melalui web.
BAB III
KESIMPULAN
Sejak tahun 1976, Indonesia telah
memasuki era indormasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Di era
informasi ini, TI dan TK memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler
technology). Perkembangan TI dan TK dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan
berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, termasuk
dalam dunia pendidikan. Dengan perkembangan TI dan TK yang sangat pesat ini,
mau tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras mengalirkan
informasi dengan segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia.
Perkembangan TI dan TK memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan
yang berbasis pada teknologi ini, termasuk dalam dunia pendidikan. Seperti
penggunaan e-learning, e-library, e-education, e-mail, e-laboratory, dan
lainnya. Seperti ramalan dan pandangan para cendikiawan tentang pendidikan di
masa depan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa
mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner,
serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif. Dalam
kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi
merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini,
maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
Comments
Post a Comment