Karya Tulis Ilmiah, Bahasa Indonesia
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang
telah melimpahkan hidayah, taufik, dan inayahnya kepada kita semua. Sehingga saya bisa menjalani
kehidupan ini sesuai dengan ridhonya. Syukur
Alhamdulillah saya dapat menyelesaikan makalah ini sesuai dengan rencana.
Makalah ini saya beri judul ”Pengaruh Internet Terhadap Minat Belajar Siswa” dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh – pengaruh internet terhadap
siswa.
Sholawat
serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.
Karena beliau adalah salah satu figur umat yang mampu memberikan
syafa’at kelak di Yaumil Akhir. Selanjutnya kami mengucapkan terima kasih
kepada Bapak Fariz selaku dosen Mata Kuliah
Bahasa Indonesia, yang telah membimbing kami.
Makalah ini bukanlah karya yang
sempurna karena masih memiliki banyak kekurangan, baik dalam hal isi maupun
sestematika dan teknik penulisan. Oleh sebab itu , penulis sangat mengharapkan
saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Akhirnya semoga
makalah ini bias memberikan manfaat bagi penulis dan bagi pembaca. Amin
Bandung, 23 Desember 2013
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar.......................................................................................................................1
Daftar
Isi.................................................................................................................................2
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latarbelakang.................................................................................................................3
1.2 Rumusan
masalah..........................................................................................................4
1.3 Tujuan
penulisan............................................................................................................4
1.4 Manfaat
penulisan.........................................................................................................4
BAB
II DESKRIPSI TEORI DAN KERANGKA BERPIKIR
2.1 Deskripsi
Teori…………………………………………………………………………………………………5
2.2 Kerangka
Berpikir………………………………………………………………………………………………6
BAB
III METODE PENELITIAN
3.1 Tujuan Penelitian……………………………………………………………………………………………7
3.2 Waktu dan Tempat
Penelitian……………………………………………………………………………………7
3.3 Metode
Penelitian……………………………………………………………………………………………7
3.4 Populasi
Penelitian……………………………………………………………………………………………7
3.5 Sampel
Penelitian……………………………………………………………………………………………7
3.6 Instrumen Penelitian……………………………………………………………………………………………7
3.7 Teknik Pengumpulan
Data………………………………………………………………………………………..8
3.8 Teknik Analisis
Data…………………………………………………………..........................................8
BAB
IV PEMBAHASAN
4.1 Hasil
Penelitian……………………………………………………………………………………………9
4.2 Analisis Hasil
Penelitian……………………………………………………........................................11
BAB
V PENUTUP
5.1 Kesimpulan…………………………………………………………………..............................14
5.2 Saran……………………………………………………………………………………………14
DAFTAR
PUSTAKA…………………………………………………………………………………………15
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Internet merupakan teknologi masa kini yang
mempunyai peran sangat penting di masa era globalisasi saat ini. Internet
diibaratkan sebagai perpustakaan dunia, yang bisa kita akses dengan
mudah dan dapat memenuhi segala kebutuhan yang kita perlukaan.
Internet mempunyai jaringan data yang mendunia, seseorang bias mengakses dengan
bebas di dalam internet sesuai dengan kehendaknya.
Bahkan sedikit orang yang mengatakan bahwa
internet merupakan dunia baru yang di dalamnya meliputi beberapa aspek, dari
mulai ekonomi, politik, pendidikan, pengetahuan tentang alam, jaringan sosial,
game online dan lain-lain. Khususnya di dunia pendidikan, internet memberikan
kontribusi yang cukup besar, dengan kemudahan mengakses data-data, dapat
memudahkan proses belajar mengajar. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa dalam
penggunaan internet pada pembelajaran menjadi suplemen yang bermanfaat dan
memiliki pengaruh-pengaruh yang positif terhadap penyelesaian tugas-tugas
siswa.
Namun, internet juga memliki dampak
negatif, berdasarkan fakta yang terjadi saat ini keberadaan internet banyak
juga menimbulkan masalah-masalah, terutama dalam dunia pendidikan. Kecanggihan
internet yang dapat menembus ruang dan waktu menyebabkan beberapa siswa dan
pelajar-pelajar lainnya terbawa oleh arus teknologi internet. Bahkan sebagian
dari mereka banyak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game online atau
situs-situs jejaring sosial.
Berdasarkan uraian diatas, pada kesempatan
ini penulis ingin menjabarkan tentang “Pengaruh Internet terhadap Minat Belajar
Siswa“. Hal ini didasarkan dengan banyaknya penggunaan internet dikalangan
siswa pada umumnya.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah
disampaikan maka penulis memunculkan beberapa masalah untuk diteliti.
Diantaranya sebagai berikut :
1. Bagaimana
perkembangan internet di Indonesia?
2. Apakan
manfaat dan dampak penggunaan internet terhadap minat belajar siswa?
3. Apakah
pengaruh internet terhadap minat belajar siswa?
4. Bagaimana
permasalahan internet terhadap dunia pendidikan?
5. Bagaimana
cara penanggulangan dampak negatif penggunaan internet terhadap minat belajar
siswa?
6. Bagaimana
cara meningkatkan minat belajar siswa?
1.3 Tujuan
Penulisan
Tujuan dari karya tulis ini adalah:
1. Dapat
menjadi motivasi untuk mengembangkan sikap positif, pengetahuan dan wawasan
bagi pembacanya.
2. Agar siswa
mengetahui tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan internet.
3. Supaya
mengetahui pengaruh internet terhadap minat belajar.
4. Sebagai
pengetahuan tambahan bagi siswa tentang perkembangan internet di Indonesia
1.4 Manfaat
Penulisan
Manfaat dari penelitian tentang pengaruh
internet antara lain :
1. Bagi
Pelajar
a. Memperoleh
pengetahuan tentang pengaruh internet terhadap minat belajar.
b. Menambah
wawasan untuk menggunakan internet dengan sebaik-baiknya.
2. Bagi Sekolah
a. Untuk
mengetahui tingkat kualitas pelajar dalam melakukan sebuah penelitian
karya ilmiah.
b. Agar dapat
memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran secara maksimal.
3. Bagi
Masyarakat
a. Masyarakat
mendapatkan pengetahuan tentang dampak internet
b. Masyarakat
mengetahui cara menanggulangi dampak negatif internet
BAB II
DESKRIPSI TEORI DAN KERANGKA BERPIKIR
2.1 Deskripsi Teori
1. Hakikat Minat Belajar
a. Hakikat Minat
Minat adalah kesukaan, kecenderungan hati,
perhatian, keinginan terhadap sesuatu. Minat dapat diartikan sebagai salah satu
aspek psikis manusia yang dapat mendorong untuk mencapai tujuan. Seseorang yang
memiliki minat terhadap sesuatu objek, cenderung untuk memberikan perhatian
atau merasa senang yang lebih besar terhadap objek tersebut. Namun, apabila
objek tersebut tidak menimbulkan rasa senang maka ia tidak akan memiliki minat
pada objek tersebut.
Menurut seorang ahli Crowd berpendapat
bahwa minat, erat hubungannya dengan daya gerak yang mendorong seseorang untuk
mengahadapi atau berurusan dengan orang lain, benda atau bisa juga sebagai
pengalaman efektif yang dipengaruhi oleh kegiatan itu sendiri. Dengan kata lain
minat dapat menjadi sebab kegiatan dan sebab berpatisipasi dalam kegiatan itu.
b. Hakikat Belajar
Belajar adalah berusaha, berlatih supaya
mendapatkan sesuatu kepandaian. Belajar menurut seorang ahli Moh. Surya (1981:
32) adalah sesuatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh
sesuatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman
individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungan.
c. Hakikat
Minat Belajar
Minat belajar merupakan aspek psikis
manusia yang menjadi faktor pendorong dalam kegiatan belajar.
Seseorang yang memiliki minat belajar cenderung untuk memberikan perhatian dan
pemusatan pikiran terhadap sesuatu kegiatan belajar yang ia sukai. Kegiatan
yang dilakukan juga dapat memberikan stimulasi dan perubahan pada pola tingkah
laku dalam kegiatan belajar yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Hal ini
dilihat dari adanya semangat, perhatian, ketekunan, pengorbanan, serta kerja
keras dalam mencapai sesuatu yang diinginkan.
2. Hakikat Internet
Internet (Interconnected-network) dapat
diartikan jaringan komputer terluas yang menghubungkan pemakai komputer satu
dengan komputer lainnya dan dapat berhubungan dengan komputer dari satu negara
ke negara di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam
informasi, fasilitas layanan internet browsing atau surfing yaitu kegiatan
“berselancar di internet”.
Kegiatan ini dapat dianalogikan layaknya
berjalan-jalan di mall sambil melihat-lihat ke toko tanpa harus membeli apapun.
Elektronik mail (E-mail) fasilitas ini digunakan dalam berkirim surat dengan
orang lain tanpa mengenal batas ruang dan waktu, bahkan birokrasi searcing
yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet. Chating,
fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain
di internet. Pada umumnya fasilitas ini di gunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol
di internet dengan WWW (World Wide Web) ini dapat nengambil, memformat dan
menampilkan hypertext links mailing list, fasilitas ini digunakan untuk
berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan internet.
2.2 Kerangka Berpikir
Internet merupakan suatu sistem global masa
kini yang digunakan sebagai alat komunikasi dan sebagai tempat mencari berbagai
informasi yang dibutuhkan. Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan
komputer yang saling terhubung menggunakan standard Internet Protocol Suite
untuk melayani milyaran pengguna di seluruh pengguna di dunia. Dilihat dari
segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang
didalamnya terdapat milyaran informasi berupa teks, grafik, audio, video,
maupun animasi dan lain-lain. dalam bentuk media elektronik, internet banyak
memiliki pengaruh positif maupun negatif. Internet sangat berguna sebagai
penunjang kualitas belajar siswa. Namun, banyak siswa yang menyalahgunakan
kemudahan internet sehingga dapat menurunkan kualitas belajar siswa dan minat
belajar siswa.
Minat Belajar adalah aspek psikis manusia
berupa keinginan dan pemusatan pikiran dalam suatu proses penambahan
pengetahuan dan kebiasaan yang didapat dari pengalaman individu, juga sebagai
stimulasi dalam perubahan pola tingkah laku seseorang dalam kegiatan belajar
yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Dari
uraian di atas, internet merupakan sebuah alat yang dapat menunjang proses
pembelajaran dan juga dapat mempermudah siswa dalam pengerjaan tugas-tugas dari
sekolah. Namun, pengaruh negatif internet berdampak pada minat belajar siswa,
tidak sedikit siswa lebih memilih bermain internet dengan situs-situs jejaring
sosial dan game online daripada belajar atau mengerjakan tugas-tugas dari
sekolah. Internet memang banyak manfaatnya banyak menambah wawasan dan
pengetahuan bagi siswa. Namun, kenyataanya ada sebagian siswa yang tidak
memanfaatkan internet untuk memudahkan proses pembelajarannya, padahal minat
belajar siswa sangat berpengaruh dalam keberhasilan proses pembelajaran.
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Tujuan
Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui
perkembangan internet di Indonesia.
2. Mengetahui
manfaat dari adanya internet.
3. Mengetahui
dampak positif dan negatif dari penggunaan internet di kalangan siswa.
4. Mengetahui
pengaruh internet terhadap minat belajar siswa.
5. Menginformasikan
bagaimana cara menanggilangi dampak negatif dari penggunaan internet terhadap
minat belajar siswa.
3.2 Waktu
dan Tempat Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Januari 2012. Tempat penelitian dibatasi di lingkungan sekolah.
3.3 Metode
Penelitian
Berdasarkan masalah yang diteliti yaitu “
Pengaruh Internet terhadap Minat Belajar Siswa” maka dalam karya tulis ini
digunakan metodologi kuantitatif dengan studi pendekatan. Secara teoritis,
metodologi kuantitatif ini dapat memenuhi syarat, dimana suatu teori harus
dapat dibuktikan secara empiris, sehingga kebenaranya dapat dipertanggung
jawabkan secara ilmiah.
3.4 Populasi
Penelitian
Pada penelitian ini dipopulasikan pada
teknologi internet di kalangan siswa.
3.5 Sampel
Penelitian
Sampel pada penelitian ini adalah kondisi
minat belajar siswa di sekolah dengan adanya internet.
3.6 Instrumen
Penelitian
Instrumen penelitian dalam penelitian ini
adalah :
1. Para penulis yang mengumpulkan data
dan menyusunnya menjadi sebuah karya tulis.
2. Sebuah komputer portabel (laptop) dan
komputer sebagai media pencarian data dan sumber informasi di internet serta
sebagai alat pengetikkan.
3. Flashdisk sebagai media penyimpanan
data.
4. Printer sebagai media pencetak data.
3.7 Teknik
Pengumpulan Data
Pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan penyebaran angket, mengumpulkan data dari berbagai informasi
yang didapat melalui media internet dan yang bersangkutan dengan tema dapat
dijadikan sebagai sumber.
3.8 Teknik
Analisis Data
Teknik dalam penelitian ini adalah tentang
pengaruh internet terhadap minat belajar siswa. Langkah untuk menganalisisnya
adalah :
1. Mendeskripsikan data.
2. Menganilisis data dari sumber yang dapat
dijadikan acuan pembahasan.
3. Membahas hasil penelitian untuk
dijadikan acuan kesimpulan dan,
4. Mengklasifikasikan berdasarkan kriteria
analisis.
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Hasil
Penelitian
Pada penelitian ini penulis menyebarkan 20
angket yang diisi oleh para siswa. Berikut hasil dari angket yang kami peroleh:
1. Anda
menyukai internet ?
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
10%
|
60%
|
30%
|
0%
|
2. Anda
mengerjakan tugas dengan internet?
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
20%
|
35%
|
45%
|
0%
|
3. Internet
anda gunakan hanya untuk bermain game online?
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
0%
|
10%
|
45%
|
45%
|
4. Anda tidak
berminat belajar ketika menggunakan internet?
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
10%
|
0%
|
65%
|
25%
|
5. Sejak
menggunakan internet, apakah anda semakin berminat untuk belajar?
Iya
|
Biasa saja
|
Tidak
|
5%
|
90%
|
5%
|
6. Apa alasan
anda tidak berminat belajar karena internet?
Karena internet menyenangkan, sehinnga
minat belajar hilang.
|
15%
|
Karena internet mempunyai banyak
informasi yang menarik. Namun, tidak berhubungan dengan pelajaran, sehingga
minat belajar hilang.
|
20%
|
Lain-lain
|
65%
|
7. Pelajaran
apa yang membuat anda berminat belajar saat menggunakan internet?
Bahasa Inggris
|
20%
|
Sejarah
|
20%
|
Lain-lain
|
60%
|
8. Apakah anda
membuat forum pertemanan untuk menambah minat belajar?
Tentu saja
|
5%
|
Kadang-kadang
|
60%
|
Tidak sama sekali
|
35%
|
9. Apakah
minat belajar anda didasari keinginan anda, tidak dipengaruhi ada tidaknya
internet?
Iya
|
75%
|
Tidak tahu
|
15%
|
Tidak
|
10%
|
4.2 Analisis
Hasil Penelitian
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan
oleh penulis dengan cara penyebaran angket, didapatkan hasil 10% siswa selalu
menggunakan internet, 60% siswa sering menggunakan internet dan 30% siswa
kadang-kadang menggunakan internet. Pada soal nomor 2 didapatkan hasil 20%
siswa selalu mengerjakan tugas menggunakan internet, 35% siswa sering
mengerjakan tugas menggunakan internet, dan 45% siswa tidak terlalu sering
mengerjakan tugas menggunakan internet. Pada soal nomor 4 didapatkan hasil 10%
siswa sering menggunakan internet untuk bermain game online, 45% kadang-kadang,
dan 45% tidak pernah menggunakan internet untuk bermain game online. Dari hasil
penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan penggunaan internet dikalangan
siswa sudah menjadi kebiasaan namun ada beberapa siswa yang masih bisa
membatasi dan menggunakan teknologi internet secara bijaksana.
Hasil yang diperoleh pada soal nomor 4
yaitu 10% siswa selalu mengalami penurunan minat belajar ketika menggunakan
internet, 65% siswa kadang-kadang mengalami penurunan minat belajar saat
menggunakan internet dan 25% siswa tidak penah mengalami penurunan minat
belajar saat menggunakan internet. Pada soal nomor 5 didapatkan hasil 5% siswa
mengalami peningkatan minat belajar sejak menggunakan internet, 90% siswa biasa
saja atau tidak ada perubahan peningkatan minat belajar yang signifikan sejak
menggunakan internet dan 5% siswa tidak sama sekali mengalami peningkatan minat
belajar sejak menggunakan internet. pada soal nomor 6 didapatkan hasil 15%
siswa tidak berminat belajar dikarenakan internet menyenangkan sehingga minat
belajar hilang, 20% siswa tidak berminat belajar dikarenakan internet mempunyai
banyak informasi yang menarik namun tidak berhubungan dengan pelajaran sehingga
minat belajar hilang dan 65% siswa mempunyai faktor lain yang membuat mereka
tidak berminat untuk belajar. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat
disimpulkan sebagian besar siswa tidak berminat untuk belajar ketika
menggunakan internet dikarenakan oleh beberapa faktor penyebab.
Pada soal nomor 7 didapatkan hasil 20%
siswa memilih pelajaran bahasa inggris yang membuat mereka berminat belajar
saat menggunakan internet, 20% siswa memilih pelajaran sejarah dan 60% siswa
memilih mata pelajaran lain yang membuat mereka berminat untuk belajar saat
menggunakan internet. Pada soal nomor 8 didapatkan hasil 5% siswa sering
membuka forum pertemanan untuk menambah minat belajar, 60% siswa kadang-kadang
membuka forum pertemanan untuk menambah minat belajar, dan 35% siswa tidak pernah
sama sekali membuka forum pertemanan untuk menambah minat belajar. Pada soal
nomor 9 didapatkan hasil 75% siswa belajar didasari dari mood atau keinginan
bukan dari ada atau tidaknya internet, 15% siswa menjawab tidak tahu dan 10%
siswa menjawab tidak. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada
beberapa mata pelajaran yang membuat siswa berminat untuk belajar saat
menggunakan internet, ada juga siswa yang membuka forum pertemanan untuk
menambah minat belajar dan sebagian besar siswa berminat untuk belajar karena
didasari oleh mood atau keinginan dalam diri sendiri bukan karena ada atau
tidaknya internet.
a. Apakah
manfaat dan dampak penggunaan internet terhadap minat belajar siswa?
Internet merupakan teknologi yang
menyediakan berbagai informasi dan data yang kita butuhkan. Internet merupakan
jaringan internasional yang dapat menghubungkan komputer yang ada di dunia.
Tetntuknya setiap teknologi memiliki kekurangan dan kelebihan begitu juga
dengan internet. Tidak semua informasi yang ada di internet menyajikan
informasi yang positif tapi juga terdapat informasi yang bersifat negatif.
Manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan internet. Diantaranya :
Ø Internet sebagai media komunikasi
merupakan fungsi yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet
dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya diseluruh dunia.
Ø Internet sebagai media pertukaran
data dengan menggunakan e-mail, news group dan WWW (World Wide Web ) para
pengguna internet diseluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat
dan murah. Dengan seperti itu, siswa disuatu negara dengan negara lainnya dapat
saling bertukar informasi dan data untuk kemajuan pendidikan.
Ø Internet sebagai media untuk mencari
data atau informasi yang penting dan akurat. Hal ini bisa membuat siswa
memiliki pengetahuan yang luas dalam cangkupan dunia sehingga segala ilmu yang
ada diseluruh dunia bisa dipelajari yang pada akhirnya meningkatkan kecerdasan
dan pengetahuan yang luas dikalangan siswa.
Dampak negatif yang diperoleh dari penggunaan
internet diantaranya:
Dengan adanya internet ini cenderung siswa
karena merasa mudah membuat siswa menjadi malas untuk membaca buku.
Menghabiskan sebagian waktunya untuk membuka
jejaring sosial dan game online sehingga kita banyak mengluarkan uang yang
mungkin kurang bermanfaat.
Karena internet besifat bebas dan mudah
diakses pornografi pun merajalela. Hal ini berdampak buruk bagi perkembangan
prestasi dan mental siswa.
Menyebabkan fungsi mata terganggu oleh
radiasi dari monitor. Sering terjadi nyeri pada bagian punggung karena saraf
dipunggungnya terganggu akibat terlalu lama didepan komputer atau posisi duduk
yang kurang nyaman.
Berdampak juga pada kesehatan manusia
diantaranya mengubah alur kerja game, menghambat respon sistem imun, tingkat
hormon, fungsi arteri dan mempengaruhi kondisi mental yang akhirnya hal
tersebut berpotensi meningkatkan resiko gangguan kesehatan seperti kanker,
stroke, penyakit jantung dan lain-lain.
Seorang yang menghabiskan waktunya di depan
komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat
menimbulkan fisik yang lemah bahkan obesitas.
Selain dampak diatas kita juga sering
mengenal dengan kata kecanduan internet yang berdampak pada prestasi dan minat
belajar siswa.
b. Bagaimana
cara menanggulangi dampak negatif penggunaan internet terhadap minat belajar
siswa?
Berikut cara agar siswa tetap menggunakan
internet namun tidak mengganggu prestasi dan minat belajar :
{ Pandai-pandai membagi waktu.
{ Tidak terlalu banyak online
menggunakan internet tetapi menggunakan handphone yang lebih praktis.
{ Hanya memakai game online dan
jejaring sosial pada waktu senggang.
{ Mengurangi aktifitas menggunakan
internet, lalu waktunya digunakan untuk belajar.
{ Membatasi pemakainan internet.
c. Bagaimana
cara meningkatkan minat belajar ?
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan
untuk meningkatkan minat belajar siswa diantaranya:
U Menghubungkan bahan pelajaran yang
akan diajarkan dengan siswa maka minat belajar akan tumbuh manakala ia dapat
menangkap bahwa materi pelajaran itu berguna untuk kehidupan sehari-hari.
U Menyesuaikan materi pelajaran dengan
tingkatan pengalaman dan kemampuan siswa. Materi pelajaran yang terlalu sulit
untuk dipelajari atau materi pelajaran yang jauh dari pengalaman siswa tidak
akan diminati siswa. Materi pelajaran yang terlalu sulit tidak akan dapat
diikuti dengan baik, yang dapat menimbulkan siswa akan gagal mencapai hasil
yang optimal. Dan kegagalan itu dapat membunuh minat belajar siswa. Biasanya
minat belajar akan tumbuh jika siswa mendapatkan kesuksesan dalam belajar.
U Belajar dengan menggunakan berbagai
model dan strategi pembelajaran secara bervariasi, misalnya: diskusi, kerja
kelompok, eksperimen, demonstrasi, dan lain-lain.
U Sisa menyadari sendiri akan
pentingnya belajar dan berusaha menaikkan minat belajar masing-masing sendiri.
Karena jika guru sudah mengusahakan berbagai macam cara untuk meningkatkan
minat belajar siswa, tidak akan ada gunanya jika siswa itu sendiri sama sekali
tidak peduli dengan minat belajar mereka.
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami peroleh dari
hasil penelitian yang telah dilakukan adalah:
1. Minat
belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai hal salah satunya oleh teknologi
internet.
2. Meskipun
minat belajar dapat dipengaruhi, jika seseorang siswa memiliki kesadaran untuk
menjaga minat belajar hal yang menjadi pengaruh tersebut tidak akan terlalu
mempengaruhi minat belajar siswa.
5.2 Saran
Saran dari penulis untuk para pembaca
adalah :
1. Sebaiknya
hanya menggunakan jejaring sosial atau game online disaat memiliki waktu yang
luang agar minat belajar, proses belajar dan prestasi belajar tidak terganggu.
2. Berusahalah
untuk menambah minat belajar dengan cara yang dianggap menyenangkan, karena
cara belajar setiap siswa berbeda-beda.
3. Memanfaatkan
internet untuk kepentingan yang positif.
DAFTAR PUSTAKA
Comments
Post a Comment