Input Device

.Assalamualaikum Wr.Wb,
Kali ini saya akan memposting mengenai Input Device. So, langsung aja pengertian dari Input Device.

A.      Pengertian
Input device, merupakan perangkat masukkan komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah kedalam komputer berupa teks grafik gambar suara dan lain - lain.

B.      Perkembangan Input Device
Perkembangan teknologi memang sangat pesat pada jaman modern ini, semua pihak yang  terkait bersaing dalam pasar yang bebas dalam jangkauan global, Persaingan yang ketat dalam dunia Teknologi membuat persaingan dalam hal kuantitas dan kualitas bukan lagi pertimbangan yang diharuskan. Perkembangan teknologi sendiri memang sangat beragam dalam hal design sebagai interper dan kualitas hardware, Mulai dari kelas low-end sampai high-end. Perkembangan teknologi input device diawali dengan pertumbuhan yang user friendly demi kenyamanan pengguna

C.      Perangkat Yang termasuk kedalam input Device

a)      Keyboard
Keyboard, alat input data yang umum pada komputer yang digunakkan untuk memasukkan data berupa teks.
Perkembangan Keyboard dari tahun ketahun semakin meningkat dan lebih nyaman digunakan untuk mempermudah membantu pekerjaan manusia. Dibawah ini contoh keyboard terbaru yang bisa anda coba.

Keyboard Anti Air WetKeys EK-97-TP Hygienic Dengan Integrasi Fitur Touchpad


                                                LiteTouch keyboard nirkabel


Dan ini merupakan keyboard masa depan yaitu, Keyboard dengan sensor cahaya yang tampilannya seperti infokus atau proyektor. Cara kerja kerboard ini sama saja dengan keyboard pada umumya, hanya saja pengetikan menggunakan sensor cahaya. Dari segi bentuk lebih simple, karena tidak memakan tempat yang luas seperti keyboard pada umumnya. Dan kabarnya Keyboard inipun sudah mulai di produksi.



b)      Mouse
            Penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan “Mouse” ini, dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse

Macam-Macam Mouse

                                   Mouse BlueEye

            Sebuah teknologi mouse yang bisa bekerja tidak hanya di alas tertentu, tapi juga bisa bekerja diatas karpet, sofa, kaca berdebu maupun marmer, Selain bisa di medan apapun ada juga mouse yang berjenis BluEye ini ada juga yang di kombinasikan dengan teknologi wireless.



 Mouse Wireless

                        Sesuai dengan namanya teknologi mouse yang ini dikendalikan tanpa menggunakan kabel, jadi sangat nyaman untuk digunakan untuk presentasi karena tidak terbatas dengan panjang ukuran kabel yang biasanya ada pada mouse-mouse lainnya



Mouse Optik

                        Teknologi mouse ini merupakan perkembangan dari teknologi mouse yang dulunya menggunakan bola di bawahnya untuk menggerakkan kursor di komputer namun mouse optik ini berjalan dengan sebuah lampu seperti lampu infra merah yang gunanya sebagai sensor penggerak kursornya.

c)      Joystik
                                  
Joystick adalah alat yang digunakkan dalam program permainan atau game, alat ini biasanya memiliki landasan plastic persegi atau segi empat tempat tuas vertical tombol control pada dasar dan terkadang  diatas tuas sehingga dapat digerakkan kesegala arah untuk mengendalikan gerakkan objek pada monitor.

 d) Scanner
                       
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung di lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.

e) Camera Digital

Merupakan salah satu input device yang bisa mengambil gambar maupun merekam vidio . Dengan alat ini, kita dapat lebih mudah memasukan data berupa gambar, ke dalam komputer.





f) Microphone dan Teknologi Computer Aided Design (CAD)             
             
Mic digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu Speacker, dan Sound card untuk mendengarkan hasil rekaman suara.

Dan ini adalah Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan (touch sensitive membrane surface) .

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Perkembangan Teknologi Informasi

Proses Device

Makalah Ijtihad